Selasa, 17 Januari 2012

TETAP POSITIF


Seorang sahabat saya mengirimi pesan:
Janganlah takut menjadi tua karena semakin tua manusia akan semakin kaya. Buktinya:
1.Ada perak di rambutnya.
2.Ada emas di giginya.
3.Ada gas di perutnya.
4.Ada batu kristal di ginjalnya.
5.Ada minyak di pembuluhnya.
6.Bahkan...ada gula di air seninya.

Mungkin kita bisa tersenyum masam, apalagi jika kita sudah merasa tua. Meskipun demikian, penulis humor ini ingin menanggapi hidup dengan lebih santai. Banyak orang yang tidak bisa seperti itu. Sikap hati yang positif merupakan vitamin jiwa yang membuat kita tetap berjuang dengan penuh semangat sampai Tuhan memanggil kita. Sikap inilah yang menentukan.

Ada dua orang ibu yang sama-sama terbaring di ranjang rumah sakit. Yang seorang, sebut saja ibu Opti, karena selalu optimis menghadapi hidup, sedangkan yang terbaring di sebelahnya, sebut aja ibu Nega, karena selalu negatif menyingkapi hidup. Saat mereka terbaring sakit, ibu Nega berkata,"Tuhan ini sungguh tidak adil. Mengapa Dia membiarkan kita sakit terus. Bukankah lebih baik mati daripada hidup tetapi sakit-sakitan kayak begini?"

Dengan tersenyum bijak, Ibu Opti berkata,"Menurut saya, Tuhan itu baik. Orang sakit-sakitan seperti kita ini kok masih diberi kesempatan untuk hidup. Seharusnya Dia memberi kesempatan kepada orang lain,kan? Jadi, jika Dia masih memberi kita hidup, tugas kita adalah bersyukur kepada-Nya."

Itulah sebabnya, pengirim pesan tadi berharap kita semua akan tetap positif menghadapi usia tua. Pertama, rambut memutih tidak perlu disesali karena justru seringkali menunjukkan kewibawaan. Lihat Adnan Buyung Nasution yang semakin gagah dengan rambutnya yang tampak memutih semua.

Kedua, ada orang yang memasang gigi palsu dari emas untuk giginya yang sudah berlubang. Bukankah gigi emas itu merupakan investasi yang harganya jarang turun? Sampai sekarang, emas tetap dipandang sebagai salah satu investasi terbaik.

Ketiga, ada gas diperutnya. Nah, kalau yang ini sih murni humor. Gas di perut ini membuat kita sering buang angin. Namun, kemampuan untuk bisa membuang angin ini harus kita syukuri. Orang yang tidak bisa kentut harus dioperasi lho.

Keempat, ada batu kristal di ginjalnya. Siapa yang mau memiliki batu di dalam ginjalnya? Ejekan ini tidak pas, tetapi orang yang bisa menertawakan kelemahannya akan lebih kuat menghadapi pencobaan hidup daripada yang tidak.

Kelima, ada minyak di dalam pembuluhnya. Menurut saya, yang paling luar biasa adalah bahwa semakin tua kita, seharusnya kita juga memiliki minyak yang mampu melumasi anak-anak muda yang masih terlalu kaku dan tidak punya pengalaman.

Keenam, ada gula di air seninya. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Jika tidak dijaga dengan baik. Organ tubuh kita yang lain akan terserang, terutama mata. Biarlah kesadaran ini mengingatkan kita untuk terus berolahraga, makan makanan dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang serta beristirahat secukupnya. Kiranya Tuhan memberkati setiap kita yang tidak takut menghadapi hari tua dan menjadikannya The Golden Age!!

Dikutip dari buku: Life is Colorful (Bersama Dia Mewarnai Dunia)
Karangan:Xavier Quentin Pranata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar